Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Di SD YPPK Santo Mikhael Mugouda Distrik Tigi Kabupaten Deiyai Provinsi Papua Tengah

Penulis

  • Anselma Doo STK Touye Paapaa Deiyai Keuskupan Timika Author
  • Kusdianto Universitas Cenderawasih Author
  • Albaiti Universitas Cenderawasih Author

DOI:

https://doi.org/10.70343/f2v5hj84

Kata Kunci:

Implementasi, Kepemimpinan, Kepala Sekolah Perempuan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan Implementasi dari Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan menurut pernyataan Bush dan Coleman (2012) di SD YPPK Santo Mikhael Mugouda dalam hal: Perhatian terhadap orang-orang dalam sekolah dan beban kerja mereka, Membangun kerja sama, sharing, dan bekerja dalam tim. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan, Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan di SD YPPK Mugouda distrik Tigi, kabupaten Deiyai telah menunjukan kemampuan kepemimpinannya bersama para guru perempuan kepada masyarakat berkehidupan sosial budaya patriakat, berdasarkan teori Bush dan Colmen (2012) bahwa: Pertama perempuan dapat memimpin dan menyelenggarakan pendidikan. Kemampuan memimpin kepala sekolah telah dilakukan dalam hal perhatian yaitu: 1) Memberikan perhatian berupa pelayanan kepada siswa ditunjukan melalui sifat keibuan dan memberi motivasi kepada guru bawahan dengan memperhatikan beban kerja berupa pemberian honor dan penghargaan. 2) Memberikan perhatian terhadap siswa dan guru melalui perannya sebagai educator. 3) Mengajak orang tua memberi perhatian terhadap beban kerja guru dan siswa. 4) Memberi sumbangan kepada masyarakat (gereja) atas nama sekolah. Kedua Pemimpin perempuan mampu menyelenggarakan rapat, menerima pendapat, mengambil keputusan untuk dikerjakan bersama. Kemampuannya ditunjukan dengan cara membangun kerjasama, sharing dan kerja dalam tim dengan tiga pihak yaitu: 1) Pihak pertama bersama para guru melalui rapat kerja. 2) Pihak kedua bersama para guru dengan para siswa melaksanakan hasil rapat dan 3) Pihak ketiga bersama dengan orang tua dan komite sekolah melalui rapat, menghasikan kesepakatan bersama serta melaksanakannya. Ibarat sebuah roda yang berputar, dalam proses dan waktu melakukan, rapat bersama menjadi kesempatan membicarakan, membagikan sharing tentang harapan dan kendala, menemukan solusi dan membuat kesepakatan-kesepakan menjalankan program dalam bentuk kerjasama dan kerja dalam tim.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Ali, Imroh A., Kusmintarjo.2016. Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Manajemen Pendidikan, 8 (1): 1464-1472.

Arie, D.I. 2013. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Beban Kerja Dengan Komitmen Organisasi Karyawan Divisi Pelaksana Produksi PT. Solo Kawistara Garmindo.

Abdulsyani, 2012. Skemaika, Teori dan terapan.

Jakarta: Bumi Aksara.

Admodiwirio, S. 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: PT. Azdadiryajaya.

Bush, T. & Coleman, M. 2012. Manajemen Mutu dan Kepemimpinan Pendidikan, Yogyakarta: IRCisoD

Budi, N.P. 2022. Perilaku Asertif Kepala Sekolah Perempuan Menunjang Mutu Pendidikan dan Kinerja Guru, Jurnal Kependidikan Islam, 2

(12): 191 – 205

Buku Teks Anonimous . 2004. KEPMENPAN NOMOR : KEP/75/M.PAN/7/2004 tentang

PedomanPerhitungan Kebutuhan Pegawai Berdasarkan Beban Kerja Dalam Rangka Penyusunan Formasi Pegawai Negeri Sipil.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2008. Kamus Besar Bahasa Indosesia, Jakarta: Balai Pustaka.

, 2002. Kamus Besar bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Dakir, 2009. Dasar – Dasar Psikologi Komunikasi, Bandung: PT. Rosda Karya

Danim, S. 2010. Kepemimpinan Pendidikan: Kepemimpinan Jenius IQ + EQ, Etika, Prilaku Motivasional, dan Mitos, Bandung: Alfabeta.

Fatima, S. 2020. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam, Jurnal At- Tuhfan: Studi Keislaman, 9 (2).

Fatonah, I. 2017. Kepemimpinan PendidkanTarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidkan, 10 (02) 109 – 125.

Garza, E. R. & Garza, E. Jr. 2010. Guru Wanita Kulit Putih yang sukses dari Siswa Meksiko – Amerika dengan Status Sosial Ekonomi Rendah, Jurnal Latin dan Pendidikan, 9 (3).

Hunter Laurie, B.S., M.Ed. 2019. Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan di Pedesaan dan Dampaknya terhadap Siswa Pencapaian Disertasi Fakultas Pascasarjana Universitas Teknologi Texa

Hatta M. & Mahdani S. M. 2017. Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah 1 (1) 70

Izzah A.A, & Hidayah N. 2022. Kepemimpinan Kepala Madrasah Perempuan dalam Perspektif Studi Gender, Pendidikan dan Ilmu Keislaman, 2 (8): 2461-1158

Kristiyanti E.L. & Muhyadi, 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1 (3):37-49.

Komsatun L. 2019. Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru, Manajemen Pendidikan, 1 (7).

Leech G.1993, Prinsip-prinsip Pragmatik. Terjemahan M.D.D. Oka. Jakarta: Universitas

Indonesia.

Laurie,H. B.S., M.Ed., 2019, Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan di Pedesaan dan Dampaknya terhadap Pencapaian Siswa. Disertasi Fakultas Pascasarjana Texas Tech University.

Lindo, C. A. 2012. Suara dari Kepala Sekolah Pengalaman Lima Wanita yang menjadi Kepala Sekolah di Jamaican Sekolah dasar dan Sekolah, Tesis College of Graduate Studies and Research, Univerity of Saakatchewan.

Lawasi, E. S & Triatmanto B. 2017. Pengaruh Komunikasih, motivasi dab kerjasama tim terhadap peningkatan kinerja karyawan.5 (1).

Mataputun,Y., 2022. Kepemimpinan Pendidikan “Penguatan Karakter Kepemimpinan Kepala Sekolah”, Bojongsari – Purbalingga: Eureka Media Aksara

Moleong, J.L. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. 2006. Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya

Ma’rifati, C. 2020. Manajemen Kepala Sekolah Perempuan dalam Meningkatkan Mutu Pendidik. Manajemen Pendidikan Islam. Tesis Program Magister Pascasarjana Institut agama islam negeri Di MTs Negeri 1 Ponorogo

Makawimbang, J. H. 2012. Kepemimpinan Pendidikan yang bermutu, Bandung: Alfabeta.

Maragustam, 2010. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sunan Kalijaga

Mujib, A. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Nurhayati, E. 2012, Psikologi Perempuan dalam berbagai Perspektif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurhilaliati, 2019. Kualitas Kepemimpinan Kepala Madrasah Perempuan di Lingkungan Pondok Pesantren, EDUKASI: Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 17 (1),

-69

Oyeniran, R., Anchoma, & Bonjah, I. 2018. Pengalaman Kepemimpinan Wanita: Studi Kepala Sekolah Dasar Wanita Pantai Gading. Masalah Pendidikan, 4(1) 148 – 173

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 84 tahun 2008

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 28 Tahun .1990. tentang Pendidikan Dasar

Putra, S. W. R. 2015. Peningkatan kerjasama dalam Pembelajaran Sub tema Tubuhku melalui Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw pada Siswa kelas 1 SD Negeri 1 Kemadohbatur Tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Universitas Muhamadiyah Surakarta).

Reksoprodjo, H. 1994. Organisasi Perusahaan Teori Struktur dan Perilaku, Yogyakarta: BPFE

Robbins, S.P.2010. Prilaku Organisasi (Konsep – kontroversi – aplikasi), (Terjemahan Hadyana Pujaatmaka). New Jersey: Prentice- Hall, Inc. (Buku Asli diterbutkan tahun 1996)

Sagala, S. 2008. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta.

Soetopo, H. 1984. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Malang: Bina Aksara

Sumanto, W. 1990. Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suryabrata, S. 2004. Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Andi Offset.

Suharto, T. 2011. Pendidikan Filsafat Islam, Yogyakarta: Ar – Ruz media.

Sumarsono, 2007. Pragmatik. (Buku Ajar).Singaraja: Undiksha.

Syamsul, N. & Ramayulis, 2010. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistim Pendidikan dan pemikiran para tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia.

Sunarso,2018. Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan, Beban Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah. Jurnal Managemen Sumber Daya Manusia. 4 ( 1) Supardi, 2013. Sekolah Efektif, Jakarta: Rajagrafindo.

Suharsimi, A. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Prosedur Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

__2000. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta

UUD 1945 Undang – undang Sistim Pendidkan Nasional No. 20, Tahun 2003. Jakatra: Departemen pendidikan nasional.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Wijana, I.D.P & Rohmadi, M. 2011. Analisis Wacana Prakmatik: Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Wahjosumidjo, 2002, Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wahid, A. & Irfan, M. 2001. Perlindungan Terhadap Korban Kekerasan Seksual (Advokasi dan Hak Asasi Perempuan), Bandung: PT. Refika Aditama.

Walgito, B. 1981. Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Andi Offset.

Unduhan

Diterbitkan

09-12-2024

Cara Mengutip

Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Di SD YPPK Santo Mikhael Mugouda Distrik Tigi Kabupaten Deiyai Provinsi Papua Tengah. (2024). JURNAL PASTORAL KATEKETIK, 1(2), 19-35. https://doi.org/10.70343/f2v5hj84