Implementasi Tugas Kepala Sekolah Di SMA Negeri I Kabupaten Deiyai Provinsi Papua Tengah
DOI:
https://doi.org/10.70343/11ecmt04Kata Kunci:
Implementasi tugas kepala sekolah, Harmonis, Manajemen SekolahAbstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis implementasi tugas kepala sekolah SMA Negeri 1 Deiyai dalam membangkitkan dan merangsan Tendik, melengkapi alat perlengkapan sekolah, mengembangkan metode mengajar, melaksanakan kerja sama harmonis guru-guru, mengembangkan mutu pengetahun guru-guru, membina hubungan kerja sama antara Tendik, siswa dan orang tua di SMA Negeri 1 Deiyai Provinsi Papua Tenggah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif tentang Implementasi tugas kepalah sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Deiyai. Sumber hasil wawancara kepada kepala sekolah, guru, TU bagian Administrasi dan peserta didik dari SMA Negeri 1 Deiyai. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepala SMA N 1 Kabupaten Deiyai Provinsi Papua Tenggah telah mengimplementasikan tugas kepala sekolah sebagai berikut: 1) Membangkitkan dan merangsan Tendik dalam tugasnya masing-masing baik dari kesiapan mengajar hingga tanggung jawab pengelolaan nilai. Mengarahkan serta mengawasi mulai dari perencanaan, proses hingga evaluasi dengan berpedoman kepada aturan yang berlaku. 2) Melengkapi alat-alat perlengkapan sekolah demi kelancaran proses belajar-mengajar di kelas kepalah sekolah dapat diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan yang menjadi perioritas dan melibatkan guru mata pelajaran untuk membicarakan program pembiayaanya. 3) Mengembangkan metode mengajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum baru berpengaru dari kurangnya sosialisai dari dinas terkait, kurannya buku sumber dan kurangnya disiplin dari guru maka kepalah sekolah selalu melakukan rapat ruting untuk mengefektifkan kedisiplinan guru. 4) Melaksanakan kerja sama harmonis guru-guru mengadakan makan bersama tiga bulan sekali. siswa melakukan lomba masak memasak lomba tarian tradisional berkunjung keluarga yang duka, atau sakit. 5) Mengembangkan mutu pengetahun guru-guru melaksanakan bimtek yang di adakan di Provinsi. Selanjutnya tes PPPK dan Tes Nasioan dilaksanakan di SMA Negeri guru di libatkan menjadi pengawas. selalu memberi contoh atau menjadi teladan, dan memberi reward bagi guru dan siswa yang berprestasi. Kepala sekolah memberikan kesempatan dan dukungan bagi guru dan staf dalam mengikuti pelatihan yang dapat meningkatkan jenjang karier, dan mendukung apapun kegiatan positif yang diinginkan guru dan staf. 6) Membina hubungan kerja sama antara Tendik, siswa dan orang tua kepalah sekolah mengadakan rapat bersama orang tua melalui komite sekolah untuk evaluasi keharmonisan, Guru, sisiwa dan orang tua.
Unduhan
Referensi
Al Arifin Akhmad Hidayatullah. (2012). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praksis Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pembangunan
Pendidikan:https://doi.org.100.21831/jppf a.v1i1.1052.
Anam, Ahmad Muzakkil (2016). Penanaman Nilai-nilai Multikultural di Perguruan Tinggi: studi kasus di Universitas Islam Malang (Masters thesis, Universitas Islam Negeri Malik Maulana Ibrahim. Diakses dari http://etheses.uin malang.ac.id/4076/
Ali Sudin, 2021 ‘Implementasi Supervisi Akademik Terhadap Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Se Kabupaten Sumedang’.
Ahmad Muflih Akbar Romadlon ‘2020’ ‘ Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Kinerja Guru di SD IT Alam Zaid.
Asy’ari Muhammad Nazhif (2015) : ‘Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Disiplin Guru di Madrasah Al- Washliyah Medan Krio Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang’.
Ali Jamilah H., S.Pd.SD (2020), Peran Kepala Sekolah Sebagai Siupervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Guru Mata Pelajaran IPA Pada SDN Roja 1 Ende.
Baidhawy Zakiyuddin.2028. Pendidikan Agama
Berwawasan Multikultural. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Balai Litbang Agama Jakarta. Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Multi- kulturalisme. Jakarta: Saadah Cipta Mandiri.
Djaliel, Maman Abdul. 2010. Etika Manajemen Islam. Bandung: Pustaka Setia. Djamiko, Yayat Hayati. 2008. Perilaku Organisasi. Badung: Alfabeta. http://eprints.ung.ac.id. Damyke Selviyana Safitri, Titi Prihatin1 ‘Implementasi Peran
Fansyukri Hanifah Indra /2016 ‘Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Oleh Kepalah Sekolah Terhadap Guru di SMA Pembangunan.
fitria Yani maisul yanimaisulfitria05@gmail.com ‘Permasalahan Dalam Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Terkait Sumber Daya Guru di Sekolah’.
Islahudin NIM. 1423402096 ‘Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Madrasa Aliah Negeri 2 Tanjung Pura Kabupaten Langkat.
Karwati Euis dan Riansa Donni Junni. 2016. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.
Katsir, Ibnu. 2012. Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Gema Insani. Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan – Jilid I. Badung: Alfabeta.
Mulyana Rohmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Mulyasa. 2013. Manajemen dan Kepemimimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Ngalim Purwanto,2010. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nellitawati Nellitawati, (2013) ‘Jurnal Pedagogik Kontribusi Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru SMA Negeri Di Kecamatan Koto Tangah Padang’.
Nazir Nadin. 1989.Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: IKIP
Pidarta, M. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Purwanto, M. N. 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja, Rosdakarya.
Made Pidarta,. 2009. Supevisi Pendidikan Kontekstual, Jakarta : Rineka Cipta.
Piet .a sahertian, 2008. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan : dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, . Jakarta : Rineka Cipta,
Piet A. Sahertian,. 2008. Konsep Dasar dan Tehnik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Mengembangkan SDM, Jakarta : Rineka Cipta ,.
Rumanama Labiru NIM : 190401061, Supervisi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Pada SMA N Maluku Tenggah Dikecamatan Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah.
Syaiful Sagala. 2013. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Sholihah Faridhatus .2016. Implementasi Pendidikan Islam Multikultural Dalam Sikap Toleransi Beragama Siswa di Sekolah Menegah Pertama Mardi Sunu Surabaya (Skripsi, Universitas Islam Sunan Ampel Surabaya). Diakses dari http://digilib.uinsby.ac.id/0606/.
Syahrudi Taufiq Faja (2014): “Implementasi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tanjung Pura Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat.
Silalahi Urber. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refaika Aditama.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhardan Dadang, dkk. 2014. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Safrudin dan Basyiruddin, U. 2008. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press.
Sagala, S. 2007. Manajemen Strategic dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sarwito. 1988. Dasar-dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia,.
Suspandi Rustana Adiwinata. 1992. Materi Pokok Administrasi Pendidikan, (Jakarta: Depdikbud dan UT,.
Thoha Mifta. 2010. ManajemenDalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Usman, M. U. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya.
Wahab Abdul Aziz. 2011. Anatomi Organisasi dan ManajemenPendidikan (Telaah Terhadap Organisasi dan Pengelolaan Organisasi Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Wati Lilis, 2019‘ Peran Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Supervisi Administrasi Guru Di SMA N 1 Meureubo Aceh Barat.
Tim Dosen. 1989. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: IKIP. Administrasi Pendidikan IKIP Jakarta
Zaril Gapari Muhamad STIT Palapa Nusantara zagap205@yahoo.co.id ‘Pelaksanaan Tekni Supervisi Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Di SMPN 2 Jerowaru.
Zarkowi Suzoeh,. 1989 / 1990. Pedoman Pengelolaan Madrasah Tsanawiyah, Jakarta: Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Islam, Departemen Agama RI.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Yulius Pekei, Yulius Mataputun, Cornelius Tanto (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution (CC-BY) 4.0 yang mengizinkan pihak lain untuk membagikan karya tersebut dengan menyebutkan kepengarangan dan publikasi awal di jurnal ini.