Pengaruh Minat Baca terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Siswa Kelas IV dan V SD YPPK Hati Kudus Kelapa Lima Merauke

Penulis

  • Yohanes Hendro Pranyoto Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke Author https://orcid.org/0000-0002-6730-0337
  • Deposina Djonler Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke Author

DOI:

https://doi.org/10.70343/myygbn12

Kata Kunci:

Minat Baca, Hasil Belajar Kognitif, Sekolah Dasar, Literasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat baca terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV dan V SD YPPK Hati Kudus Kelapa Lima Merauke; (2) besaran pengaruh minat baca terhadap hasil belajar kognitif; dan (3) upaya untuk meningkatkan minat baca siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV dan V SD YPPK Hati Kudus Kelapa Lima Merauke yang berjumlah 36 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling populatif (seluruh populasi menjadi sampel). Instrumen penelitian berupa angket minat baca dengan 30 butir pernyataan menggunakan skala Likert, sementara data hasil belajar kognitif diperoleh dari nilai rapor semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh minat baca terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; (2) besaran pengaruh minat baca terhadap hasil belajar kognitif sebesar 31,3% (R² = 0,313), sedangkan 68,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti; (3) upaya meningkatkan minat baca meliputi: pengembangan perpustakaan sekolah dengan koleksi buku yang beragam, penerapan program literasi, dan pengembangan metode pembelajaran yang menarik. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 56,759 + 0,172X, yang berarti setiap peningkatan 1 poin pada minat baca akan meningkatkan hasil belajar kognitif sebesar 0,172 poin.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Amelia, T. U. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa SD Negeri 125 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 29-40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i1.7565

Arifin, Z. (2019). Evaluasi pembelajaran: Prinsip, teknik, prosedur. Remaja Rosdakarya.

Bangsawan, I. P. R. (2023). Minat baca dan faktor yang mempengaruhinya. Deepublish.

Berangka, D. (2023). Pengaruh Profesionalitas Guru Agama Katolik Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pendidikan Agama Katolik Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri II Merauke. Jurnal Masalah Pastoral, 11(2), 1–21. https://doi.org/10.60011/jumpa.v11i2.134

Dalman. (2017). Keterampilan membaca. Raja Grafindo Persada.

Darmadi, H. (2014). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Alfabeta.

Gray, W. S., & Rogers, B. (1995). Maturity in reading: Its nature and appraisal. University of Chicago Press.

Hapsari, D., & Rakumawati, T. (2018). Pengaruh minat baca dan penggunaan gadget terhadap hasil belajar. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2(3), 143-154.

Korpus, J. I. (2023). Minat baca siswa MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 7(2), 330-336.

Matondang, Z. (2018). Pengaruh antara minat dan motivasi dengan prestasi belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2), 62-77.

Muhfahroyin. (2009). Pembelajaran berbasis pendekatan keterampilan proses. Pustaka Ilmu.

Nugraheni, N., & Kristanto, M. (2017). Pengaruh minat baca terhadap kemampuan kognitif siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 127-138.

Pranyoto, Y. H., & Geli, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke. Jurnal Masalah Pastoral, 8(1), 30–45. https://doi.org/10.60011/jumpa.v8i1.99

Rahim, F. (2019). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Bumi Aksara.

Rahayu, G. S. (2015). Pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar IPS Siswa kelas V SD Se-Gugus II Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(12), 1-10.

Ridwan. (2018). Pengaruh minat baca dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(3), 362-366.

Santrock, J. W. (2018). Psikologi pendidikan. Salemba Humanika.

Sarang, R. K., & Kipman, N. (2021). Pengaruh Kurangnya Minat Baca Alkitab Terhadap Panggilan Sebagai Katekis dan Guru Agama Pada Mahasiswa STK St. Yakobus Merauke. Jurnal Masalah Pastoral, 9(2), 76–90. https://doi.org/10.60011/jumpa.v9i2.117

Sardiman, A. M. (2021). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Raja Grafindo Persada.

Sari, A. (2018). Pengaruh minat baca dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(3), 362-366.

Sari, R. U., Arono., & Ariesta, R. (2023). Minat baca siswa MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 7(2), 330-336.

Senen, A., Shaleh, M., & Wahab, A. (2021). Psikologi pendidikan. Rajawali Press.

Sinambela, N. L. (2005). Keefektifan program membaca. Balai Pustaka.

Slameto. (2020). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sudarsana, U. (2014). Konsep dasar pembinaan minat baca. Jurnal Pembinaan Minat Baca, 1(1), 1-49.

Sukri, A. (2013). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui brain gym. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 50-57.

Syah, M. (2009). Psikologi belajar. Raja Grafindo Persada.

Syah, M. (2018). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Remaja Rosdakarya.

Trimo. (2000). Minat baca dan upaya peningkatannya. Gramedia.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2015 tentang Program Wajib Membaca.

Verawati, N. N. S. P., & Afifah, G. (2018). Efek penggunaan strategi konflik kognitif terhadap hasil belajar kognitif siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 113-122. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1081

Zakiyah, M., Zannah, P. Z., & Marliana, R. (2021). Pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar mahasiswa PGSD pada mata kuliah Pengantar Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 28-37.

Unduhan

Diterbitkan

24-06-2025

Cara Mengutip

Pranyoto, Y. H., & Djonler, D. (2025). Pengaruh Minat Baca terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Siswa Kelas IV dan V SD YPPK Hati Kudus Kelapa Lima Merauke. JURNAL PASTORAL KATEKETIK, 2(1), 1-14. https://doi.org/10.70343/myygbn12